JARIMATIKA
Berlatih Berhitung dengan Mudah dan Menyenangkan
LATAR BELAKANG
- Anak kita tidak suka matematika?
- Anak kita susah memahami angka dan bilangan?
- Anak kita enggan belajar berhitung?
Ketidak-sabaran (pada diri anak dan orangtua)
Proses memaksa – terpaksa (yang sangat tidak menyenangkan kedua belah pihak)
Jarimatika
memperkenalkan kepada anak bahwa matematika (khususnya berhitung) itu
menyenangkan. Dan di dalam proses yang penuh kegembiraan itu anak
dibimbing untuk bisa dan trampil berhitung dengan benar.
APA ITU JARIMATIKA?
Jarimatika adalah cara berhitung (operasi Kali-Bagi-Tambah-Kurang) dengan menggunakan jari-jari tangan.
Apa nilai lebihnya?
- Alatnya selalu tersedia dan tidak perlu dibeli
- Alatnya tidak akan pernah ketinggalan atau disita saat ujian
- Tidak memberatkan memori otak dengan bayangan
- Menyenangkan dan juga… MUDAH!
PERKEMBANGAN JARIMATIKA
Endapan-endapan
pertanyaan lama mulai bermunculan seperti mengapa anak-anak mesti
dilarang menggunakan alat hitung? Mengapa ada guru yang melarang
muridnya menggunakan jari sebagai alat hitung namun mengizinkan
penggunaan lidi? Perlukah anak dipacu untuk berhitung cepat? Dsb.
Kami
melihat Jarimatika bukan sekedar cara berhitung. Jarimatika lebih
merupakan alat komunikasi orangtua kepada anak-anaknya. Jarimatika
adalah sebuah cara sederhana dan menyenangkan mengajarkan berhitung
dasar kepada anak-anak menurut kaidah:
- Dimulai dengan memahamkan secara benar terlebih dahulu tentang konsep bilangan, lambang bilangan, dan operasi hitung dasar.
- Barulah kemudian mengajarkan cara berhitung dengan jari-jari tangan.
- Prosenya diawali, dilakukan dan diakhiri dengan gembira.
Apa nilai lebihnya?
Sederhana
Alatnya selalu tersedia dan tidak perlu dibeli
Alatnya tidak akan pernah ketinggalan atau disita saat ujian
Tidak memberatkan memori otak dengan bayangan (seperti yang sering dirasakan saat selesai bermain game Tetris)
Dan ternyata juga… MUDAH
Hal-hal tersebut meringankan orangtua saat perlu mengajarkan kepada putera-puterinya.
sumber : http://jarimatika.com/index.php?option=com_content&task=view&id=19&Itemid=3